Ekonomi
Mendorong Potensi Lokal: CEF bersama APIKM Gelar Pelatihan Sirup Rumput Laut di Desa Poto Tano, Sumbawa

Mendorong Potensi Lokal: CEF bersama APIKM Gelar Pelatihan Sirup Rumput Laut di Desa Poto Tano, Sumbawa

Desa Poto Tano, 15 Januari 2024 – Coastal Environmental & Fisheries (CEF) terus berkomitmen dalam mengembangkan sektor perikanan dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Sumbawa. Pada hari ini, CEF menyelenggarakan pelatihan pengolahan hasil perikanan dan pengemasan produk di Desa Poto Tano sebagai bagian dari program “Expansion and Strengthening Poklahsar Livelihoods in West Nusa Tenggara.”

Kali ini, kelompok yang beruntung mendapatkan pelatihan adalah Poklahsar Jaring Mairo, yang terdiri dari 10 anggota yang bersemangat. Dukungan dari Wildlife Conservation Society (WCS) Indonesia semakin memperkuat upaya CEF dalam memberdayakan kelompok-kelompok pesisir.

Narasumber dan Pendamping bekerja sama dengan Asosiasi Pelaku Industri Kecil Menengah (APIKM) untuk menyajikan pengalaman pelatihan yang holistik. Zainal, seorang ahli di bidangnya, menjadi narasumber pelatihan pengolahan Produk Sirup Rumput Laut, sementara Ruli membimbing pelatihan Pengemasan dan Rancang Label Produk.

Desa Poto Tano menjadi desa kedua yang mendapatkan pelatihan ini, setelah desa Labuhan Mapin. Rencananya, masih ada 3 desa dan kelompok lain yang akan mendapatkan manfaat serupa.

Produk yang menjadi fokus pelatihan kali ini adalah pembuatan Sirup Rumput Laut. Kelompok Poklahsar Jaring Mairo diajak untuk memahami proses produksi yang berkualitas, sambil dikenalkan dengan desain rancang label sesuai standar untuk memberikan nilai tambah estetika produk.

Kegiatan berlangsung sukses pada tanggal 15 Januari 2024, di Desa Poto Tano. Direktur CEF, dalam sambutannya, menyoroti peluang besar dari produk yang dipilih.

“Sangat jarang kita temui produk UMKM berupa sirup, padahal ini adalah produk nasional yang potensial. Hanya beberapa merek yang kita kenal. Apalagi menjelang bulan Ramadhan, permintaan akan sirup diprediksi akan meningkat tajam. Peluang ini tidak boleh kita lewatkan,” ujar Direktur CEF dengan penuh optimisme.

Semangat dan antusiasme dari Peserta Poklahsar Jaring Mairo mencerminkan komitmen untuk menjadikan pelatihan ini sebagai langkah awal menuju peningkatan kualitas dan daya saing produk mereka.

Terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam keberhasilan kegiatan ini. CEF berharap, melalui serangkaian pelatihan ini, dapat memberikan dorongan signifikan bagi UMKM lokal dan menciptakan dampak positif yang berkelanjutan dalam perekonomian masyarakat setempat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »
Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial